Jumat, 12 September 2014

SOAL ULANGAN HARIAN 1 KELAS XI

SOAL ULANGAN HARIAN 1 KELAS XI

1.    Sebutkan dua contoh latihan kekuatan!

2.    Sebutkan dua contoh latihan daya tahan!

3.    Sebutkan dua contoh latihan kelentukan!

4.    Sebutkan dua contoh latihan kelincahan!

5.    Sebutkan dua contoh latihan kecepatan!

6.    Sebutkan dua contoh latihan daya ledak!

7.    Sebutkan dua contoh tes kebugaran jasmani!

8     Apa perbedaan antara perlombaan dan pertandingan pada olahraga !

9.    Sebutkan 5 (lima) contoh jenis cabang olahraga yang dikatagori perlombaan !

10.  Sebutkan 5 (lima) contoh jenis cabang olahraga yang dikatagori pertandingan !
11.  Apa yang dimaksud dengan kekuatan ?
12.  Sebutkan 3 (tiga) bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan daya ledak (power) 1
13.  Jelaskan tentang apa yang dimaklsud dengan kelincahan!
14.  Jelaskan bagaimana sikap permulaan berdiri dengan kepala( head stand?
15.   Sebutkan 3 macam penyebab dari orang mengonsumsi narkoba !
16.   Sebutkan keuntungan dan kerugian orang mengonsumsi narkpoba !
17.   Apa yang kamu ketahui tetantang pendidikan seks ?
18.   Jelaskan dengan singkat cara penularan penyakit sifilis !
19.   Sebutkan 5 (lima) macam penyakit akibat hubungan seks bebas !

SOAL ULANGAN HARIAN 1 KELAS X

1.    Gambarlah lapangan bola voli lengkap dengan ukurannya !

2.    Sebutkan macam-macam teknik dasar dalam permainan bola voli !

3.    Sebutkan macam-macam servis dalam permainan bola voli !

4.    Sebutkan macam-macam prasarana dalam permainan bola voli !

5.    Sebutkan perbedaan passing atas dan passing bawah dalam permainan bola voli !

6.  Gambarlah lapangan Atletik Nomor Lari lengkap dengan ukurannya !

7.    Sebutkan macam-macam teknik dasar dalam permainan Atletik Nomor Lari !

8.    Sebutkan macam-macam servis dalam permainan Atletik Nomor Lari !

9.    Sebutkan macam-macam prasarana dalam permainan Atletik Nomor Lari !

10. Sebutkan perbedaan passing atas dan passing bawah dalam permainan bola basket !

11. Sebutkan cabang olah raga Atletik Nomor Lari !

12. Sebutkan 3 macam tendangan dalam permainan sepak bola !
13. Sebutkan 3 macam 
14 Dalam lari jarak pendk dikenal 3 cara melakukan start. Sebutkan!
15.Bagaimana posisi pelari pada aba-aba “bersedia” pada start jongkok ?
16. Jelaskan tentang lari cepat jarak pendek 
17.  Jelaskan cara melakukan gerakan roll depan!


TABEL PENILAIAN KELAS X- DAN XI

KATEGORI  A                                                  
100 4,0

99
4,0
98 3,9
97 3,9
96 3,8
95 3,8
94 3,8


           
KATEGORI A-

93
3,7
92 3,7
91 3,6
90 3,6
89 3,6
88 3,5
87 3,5

KATEGORI B+

86 3,4
85 3,4
84 3,4

 KATEGORI B

83
3,3
82 3,3
81 3,2
80 3,2
79 3,2
KATEGORI B-


78
3,1
77 3,1
76 3,0
75 3,0
74 3,0


INFORMASI ULANGAN HARIAN 1

ULANGAN HARIAN PERTAMA PJOK.:
1. Kelas X MIA-IIS dilaksanakan pada pelajaran ORKES di kelas ( waktu 1 jam )
2. Kelas XI IIS 1,2,3,4 dilaksanakan pada jam pelajaran olahraga di dalam kelas .
Bahan / materi ulanagan akan ditentukan pada hari Minggu, tanggal 14 September 2014 pukul 19.00 WIB
Cara mengerjakan :
1. Siapkan kertas ulangan yg sdh ada nama kelas masing2 siswa
2. Pilih dan tulislah soal2 pada kertas ulangan yang anda kusai atau yang di pahami sebanyak 10 soal.
3. Setelah soal ditulis atau dipilih silakan dijawab pada kertas ulangan tersebut.
4. Hasil jawaban akan dibahas pada saat pelajaran olahraga

Kamis, 11 September 2014

SISTEM PENILAIAN PADA PJOK

PERANCANGAN PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PJOK
DAN CARA PENILAIANNYA

Tujuan:                    
Pada kegiatan ini diharapkan  peserta mampu merancang  model Project Based Learning, Discovery Learning  dan Problem Based Learningpada pembelajaran PJOK.
Langkah Kegiatan  :
1.    Kerjakan secara berpasangan , cermati lembar kerja perancangan  model pembelajaran dan cara penilaiannya!
2.    Pilihlah satu subtopik/submateri/subtema untuk satu kali tatap muka yang sesuai dengan salah satu model pembelajaran!
3.    Isilah lembar kerja perancangan model pembelajaran sesuai dengan model yang Anda pilih!
4.    Presentasikan hasil rancangan Anda!
5.     Perbaiki rancangan jika ada saran atau usulan perubahan dari pasangan lain!

Catatan:
Pada lembar kerja ini ada dua format model pembelajaran yaitu model Problem Based Learning dan  Discovery Learning jika Anda merancang model Lainnya silahkan sesuai sintak model yang sesuai.
FORMAT   PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN 
ModelDiscovery Learning
Kompetensi Dasar
:
1.    ..……………………………………
2.    ..……………………………………
3.    ..……………………………………
Topik
:
………………………………….. 

Sub Topik
:

Tujuan
:

Alokasi Waktu
:
 1x TM

TAHAP PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.   Stimulation (simullasi/Pemberian rangsangan)

2.   Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)

3.   Data collection (pengumpulandata)

4.   Data processing (pengolahan Data)

5.   Verification (pembuktian)


6.   Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)


Model  Pembelajaran Problem Based Learning
Kompetensi Dasar
:
1.    ..……………………………………
2.    ..……………………………………
3.    ..……………………………………
Topik
:

Sub Topik
:

Tujuan
:

Alokasi Waktu
:
 1x TM

FASE-FASE
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Fase 1
Orientasi peserta didik kepada masalah

Fase 2
Mengorganisasikan peserta didik

Fase 3
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Fase 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Fase 5
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah


PERANCANGAN PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN MODEL PEMBELAJARAN
Rubrik perancangan penerapan scientific dan perancangan model pembelajarandigunakan fasilitator untuk menilai hasil rancangan peserta pelatihan dalam merancang contoh penerapan pendekatan scientific dan contoh rancangan model pembelajaran  satu topik PJOK. 
Langkah-langkah penilaian hasil analisis:
1.    Cermatitugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -3.1a dan LK- 3.1b!
2.    Berikan nilai pada rancangan sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil rancangan!

Penilaian LK- 3.1
PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
1.       Identitas: topik, sub topik, KD dan tujuan pembelajaran dan alokasi waktu lengkap dan benar
2.       Kegiatan mengamati,menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikansesuai dengan topik/sub topik, KD, tujuan dan alokasi waktu
3.       Kegiatan mengamati,menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan lengkap, sistematis dan logis atau benar
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
 Ada 1  aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤ 70
 Ketiga aspek kurang sesuai

Penilaian LK- 3.2

PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
1.       Identitas: topik, sub topik, KD dan tujuan pembelajaran dan alokasi waktu lengkap dan benar
2.       Kegiatan pada tahapan model pembelajaran  sesuai dengan topik/sub topik, KD, tujuan dan alokasi waktu
3.       Kegiatan pada tahapan model pembelajaran  lengkap,  sistematis dan logis ( sesuai dengan sintak atau tahapan pembelajaran)
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
Ada 1  aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤ 70
Ketiga aspek kurang sesuai