Kamis, 11 September 2014

LEMBAR KERJA SISWA KELAS X DAN XI

A.   Lembar Kerja


FORMAT PENGAMATAN VIDEO PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                :  P J O K .
Kelas                                     :  ................................................................................
Topik/Sub Topik               :  ................................................................................

Aspek yang Diamati
Ya
Tidak
Catatan
Kegiatan Pendahuluan



Apersepsi dan Motivasi



1
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi salam



2
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya  



3
Mengajukan pertanyaan menantang untuk memotivasi



4
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran



5
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran



Penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan



1
Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik



2
Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.



Kegiatan Inti



Penguasaan materi pembelajaran



1
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.



2
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.



3
Menyajikan  pembahasan   materi pembelajaran dengan tepat.



4
Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)



Penerapan strategi pembelajaran yang mendidik



1
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai



2
Melaksanakan pembelajaran secara runtut



3
Menguasai kelas



4
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengajukan pertanyaan



5
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengemukakan pendapat



6
Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan ketrampilan peserta didik sesuai dengan materi ajar



7
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual



8
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan dan sikap positif (nurturant effect)



9
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan



Penerapan PendekatanScientific



1
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk  mengamati



2
Memancing peserta didik untuk bertanyaapa, mengapa dan bagaimana



3
menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengumpulkan informasi



4
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengasosiasikan data dan informasi yang dikumpulkan



5
Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang diperolehnya



Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran



1
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  yang bervariasi



2
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran



3
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan sumber belajar pembelajaran



4
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan   media pembelajaran



5
Menghasilkan pesan yang menarik



 Pelaksanaan Penilaian Authentic



1
Melaksanakan Penilaian Sikap



2
Melaksanakan Penilaian Pengetahuan



3
Melaksanakan Penilaian Ketrampilan



4
Kesesuaian tehnik dan instrumen dengan indikator pencapaian kompetensi



5
Kesesuaian  antara  bentuk, tehnik dan instrumen  penilaian authentic.



6
Ketersediaan pedoman penskoran



Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran



1
 Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar



2
Merespon positif partisipasi peserta didik



3
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik



4
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif



5
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar



Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran



1
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar



2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar



Kegiatan Penutup
Penutup pembelajaran



1
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk merangkum materi pelajaran



2
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik  untuk merefleksi proses dan materi pelajaran



3
Memberikan tes lisan atau tulisan



4
Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio



5
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan



Jumlah





Kesimpulan Hasil Analisis Video

................................................................................................................................................................

...............................................................................................................................................................

...............................................................................................................................................................








LEMBAR KERJA INI WAJIB DI CETAK SISWA YANG MENDAPATKAN TUGAS PENGAMATAN VIDEO,  DIKUM PULKAN PADA SAAT ADA PERTEMUAN MATERI OLAH RAGA BAIK DI LAPANGAN MAUPUN DI DALAM KELAS.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar