A.
Lembar
Kerja
FORMAT
PENGAMATAN VIDEO PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : P J O K .
Kelas :
................................................................................
Topik/Sub
Topik :
................................................................................
Aspek yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
|
|
|
Apersepsi dan Motivasi
|
|
|
|
|
1
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dengan menyapa dan memberi salam
|
|
|
|
2
|
Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya
|
|
|
|
3
|
Mengajukan pertanyaan menantang untuk memotivasi
|
|
|
|
4
|
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran
|
|
|
|
5
|
Mendemonstrasikan
sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran
|
|
|
|
Penyampaian kompetensi dan
rencana kegiatan
|
|
|
|
|
1
|
Menyampaikan kemampuan yang akan
dicapai peserta didik
|
|
|
|
2
|
Menyampaikan rencana kegiatan misalnya,
individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.
|
|
|
|
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
Penguasaan materi pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Kemampuan
menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
2
|
Kemampuan
mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.
|
|
|
|
3
|
Menyajikan
pembahasan materi pembelajaran
dengan tepat.
|
|
|
|
4
|
Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
Penerapan strategi pembelajaran
yang mendidik
|
|
|
|
|
1
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi
yang akan dicapai
|
|
|
|
2
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
|
|
|
3
|
Menguasai
kelas
|
|
|
|
4
|
Melaksanakan
pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam
mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
5
|
Melaksanakan
pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam
mengemukakan pendapat
|
|
|
|
6
|
Melaksanakan
pembelajaran yang mengembangkan ketrampilan peserta didik sesuai dengan
materi ajar
|
|
|
|
7
|
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
|
|
|
8
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan dan sikap positif (nurturant
effect)
|
|
|
|
9
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
|
|
|
Penerapan PendekatanScientific
|
|
|
|
|
1
|
Memfasilitasi
dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengamati
|
|
|
|
2
|
Memancing
peserta didik untuk bertanyaapa,
mengapa dan bagaimana
|
|
|
|
3
|
menfasilitasi
dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengumpulkan informasi
|
|
|
|
4
|
Memfasilitasi
dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengasosiasikan data dan
informasi yang dikumpulkan
|
|
|
|
5
|
Menfasilitasi
dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengkomunikasikan
pengetahuan dan ketrampilan yang diperolehnya
|
|
|
|
Pemanfaatan sumber
belajar/media dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan sumber belajar
yang bervariasi
|
|
|
|
2
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan media
pembelajaran
|
|
|
|
3
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan sumber
belajar pembelajaran
|
|
|
|
4
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran
|
|
|
|
5
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
|
|
|
Pelaksanaan Penilaian Authentic
|
|
|
|
|
1
|
Melaksanakan Penilaian Sikap
|
|
|
|
2
|
Melaksanakan Penilaian Pengetahuan
|
|
|
|
3
|
Melaksanakan Penilaian Ketrampilan
|
|
|
|
4
|
Kesesuaian tehnik dan instrumen dengan
indikator pencapaian kompetensi
|
|
|
|
5
|
Kesesuaian antara
bentuk, tehnik dan instrumen
penilaian authentic.
|
|
|
|
6
|
Ketersediaan
pedoman penskoran
|
|
|
|
Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik
melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar
|
|
|
|
2
|
Merespon positif partisipasi peserta didik
|
|
|
|
3
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta
didik
|
|
|
|
4
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
|
|
|
|
5
|
Menumbuhkan
keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar
|
|
|
|
Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
|
|
|
2
|
Menggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar
|
|
|
|
Kegiatan Penutup
|
||||
Penutup pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Menfasilitasi
dan membimbing peserta didik untuk merangkum materi pelajaran
|
|
|
|
2
|
Menfasilitasi
dan membimbing peserta didik untuk
merefleksi proses dan materi pelajaran
|
|
|
|
3
|
Memberikan tes lisan atau tulisan
|
|
|
|
4
|
Mengumpulkan
hasil kerja sebagai bahan portofolio
|
|
|
|
5
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan
kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Kesimpulan Hasil Analisis Video
................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar