PERANCANGAN PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PJOK
DAN CARA PENILAIANNYA
Tujuan:
Pada kegiatan ini diharapkan peserta mampu merancang model Project
Based Learning, Discovery
Learning dan Problem Based Learningpada pembelajaran PJOK.
Langkah Kegiatan :
1.
Kerjakan secara berpasangan , cermati lembar
kerja perancangan model pembelajaran dan
cara penilaiannya!
2.
Pilihlah
satu subtopik/submateri/subtema untuk satu kali tatap muka yang sesuai dengan salah satu model pembelajaran!
3.
Isilah
lembar kerja perancangan model pembelajaran sesuai dengan model yang Anda
pilih!
4.
Presentasikan
hasil rancangan Anda!
5. Perbaiki rancangan jika ada saran atau usulan
perubahan dari pasangan lain!
Catatan:
Pada lembar kerja ini ada dua format model pembelajaran yaitu model Problem
Based Learning dan Discovery Learning
jika Anda merancang model Lainnya silahkan sesuai sintak model yang sesuai.
FORMAT
PERANCANGAN MODEL
PEMBELAJARAN
ModelDiscovery Learning
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.
..……………………………………
2.
..……………………………………
3. ..……………………………………
|
Topik
|
:
|
…………………………………..
|
Sub Topik
|
:
|
|
Tujuan
|
:
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1x TM
|
TAHAP PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1.
Stimulation (simullasi/Pemberian
rangsangan)
|
|
2.
Problem statemen
(pertanyaan/identifikasi masalah)
|
|
3.
Data collection (pengumpulandata)
|
|
4.
Data processing (pengolahan Data)
|
|
5.
Verification (pembuktian)
|
|
6.
Generalization (menarik
kesimpulan/generalisasi)
|
|
Model Pembelajaran Problem Based Learning
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.
..……………………………………
2.
..……………………………………
3. ..……………………………………
|
Topik
|
:
|
|
Sub Topik
|
:
|
|
Tujuan
|
:
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1x TM
|
FASE-FASE
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Fase
1
Orientasi peserta didik kepada masalah
|
|
Fase
2
Mengorganisasikan peserta didik
|
|
Fase
3
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
|
Fase
4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
|
Fase
5
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan
masalah
|
|
PERANCANGAN PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN MODEL PEMBELAJARAN
Rubrik
perancangan penerapan scientific
dan perancangan model pembelajarandigunakan fasilitator untuk menilai hasil rancangan peserta
pelatihan dalam merancang contoh penerapan pendekatan scientific dan contoh rancangan model pembelajaran satu topik PJOK.
Langkah-langkah penilaian
hasil analisis:
1. Cermatitugas yang
diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -3.1a dan LK- 3.1b!
2. Berikan
nilai pada rancangan sesuai
dengan penilaian Anda terhadap hasil rancangan!
Penilaian LK- 3.1
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1.
Identitas: topik, sub topik, KD dan tujuan pembelajaran
dan alokasi waktu lengkap dan benar
2.
Kegiatan mengamati,menanya, mengumpulkan
informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikansesuai dengan topik/sub
topik, KD, tujuan dan alokasi waktu
3.
Kegiatan mengamati,menanya, mengumpulkan
informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan lengkap, sistematis dan
logis atau benar
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek
kurang sesuai
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Ada
1 aspek sesuai dengan kriteria, 2
aspek kurang sesuai
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Ketiga aspek kurang sesuai
|
Penilaian LK- 3.2
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1.
Identitas: topik, sub topik, KD dan tujuan
pembelajaran dan alokasi waktu lengkap dan benar
2.
Kegiatan pada tahapan model
pembelajaran sesuai dengan topik/sub
topik, KD, tujuan dan alokasi waktu
3.
Kegiatan pada tahapan model
pembelajaran lengkap, sistematis dan logis ( sesuai dengan sintak
atau tahapan pembelajaran)
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Ada 1 aspek sesuai dengan
kriteria, 2 aspek kurang sesuai
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Ketiga aspek kurang sesuai
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar