Kamis, 11 September 2014

LEMBAR KERJA SISWA KELAS X DAN XI

A.   Lembar Kerja


FORMAT PENGAMATAN VIDEO PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                :  P J O K .
Kelas                                     :  ................................................................................
Topik/Sub Topik               :  ................................................................................

Aspek yang Diamati
Ya
Tidak
Catatan
Kegiatan Pendahuluan



Apersepsi dan Motivasi



1
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi salam



2
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya  



3
Mengajukan pertanyaan menantang untuk memotivasi



4
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran



5
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran



Penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan



1
Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik



2
Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.



Kegiatan Inti



Penguasaan materi pembelajaran



1
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.



2
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.



3
Menyajikan  pembahasan   materi pembelajaran dengan tepat.



4
Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)



Penerapan strategi pembelajaran yang mendidik



1
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai



2
Melaksanakan pembelajaran secara runtut



3
Menguasai kelas



4
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengajukan pertanyaan



5
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengemukakan pendapat



6
Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan ketrampilan peserta didik sesuai dengan materi ajar



7
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual



8
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan dan sikap positif (nurturant effect)



9
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan



Penerapan PendekatanScientific



1
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk  mengamati



2
Memancing peserta didik untuk bertanyaapa, mengapa dan bagaimana



3
menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengumpulkan informasi



4
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengasosiasikan data dan informasi yang dikumpulkan



5
Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang diperolehnya



Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran



1
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  yang bervariasi



2
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran



3
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan sumber belajar pembelajaran



4
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan   media pembelajaran



5
Menghasilkan pesan yang menarik



 Pelaksanaan Penilaian Authentic



1
Melaksanakan Penilaian Sikap



2
Melaksanakan Penilaian Pengetahuan



3
Melaksanakan Penilaian Ketrampilan



4
Kesesuaian tehnik dan instrumen dengan indikator pencapaian kompetensi



5
Kesesuaian  antara  bentuk, tehnik dan instrumen  penilaian authentic.



6
Ketersediaan pedoman penskoran



Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran



1
 Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar



2
Merespon positif partisipasi peserta didik



3
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik



4
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif



5
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar



Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran



1
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar



2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar



Kegiatan Penutup
Penutup pembelajaran



1
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk merangkum materi pelajaran



2
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik  untuk merefleksi proses dan materi pelajaran



3
Memberikan tes lisan atau tulisan



4
Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio



5
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan



Jumlah





Kesimpulan Hasil Analisis Video

................................................................................................................................................................

...............................................................................................................................................................

...............................................................................................................................................................



Tidak ada komentar:

Posting Komentar